cara mencari jodoh

3 Cara Mencari Jodoh yang Dianjurkan Islam

Jodoh merupakan rahasia Allah yang tidak bisa diprediksi kapan waktunya tiba. Namun, banyak orang yang mengusahakannya dengan cara pacaran. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai wadah untuk mengenal satu sama lain sebelum melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Dalam Islam sendiri mengatur bahwa pacaran bukanlah cara mencari jodoh yang tepat.

Bahkan, pacaran itu dilarang dalam Islam sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 32 yang artinya adalah sebagai berikut.

Dan janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

(Q.S. Al-Isra’:32)

Berdasarkan terjemahan ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap manusia dilarang untuk mendekati zina. Sementara pacaran memiliki kemungkinan untuk melakukan perbuatan yang demikian. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencari jodoh tanpa pacaran dan sesuai dengan syariat Islam? Berikut adalah ulasannya.

Cara Mencari Jodoh dengan Berusaha Menjadi yang Lebih Baik

Pernahkah Anda mendengar ungkapan tentang “memperbaiki diri sama halnya dengan perbaiki jodoh”? Mungkin banyak orang yang mengatakan demikian. Sebenarnya, memperbaiki diri adalah kewajiban bagi setiap muslim.

Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah ayat 105, yang artinya adalah sebagai berikut.

Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk

(Q.S. Al-Ma’idah: 105).

Dari terjemahan ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa kesalahan selalu membuat orang-orang tersesat. Dan Allah memerintahkan kepada hamba-Nya agar selalu bisa menjaga diri dengan selalu meminta petunjuk kepada Allah.

Dalam cara mencari jodoh tanpa pacaran, memperbaiki diri bukanlah konteks utamanya. Tetaplah berniat hanya karena Allah semata dan anggaplah ini merupakan sebuah kewajiban seorang hamba kepada Tuhannya. Bagaimana Allah akan mengabulkan permintaan hamba-Nya sementara kita tidak pernah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi?

Setelah menyadari ini adalah sebuah kebutuhan, barulah kita menyadari bahwa segala sesuatu itu berimbang. Setiap permintaan akan seimbang dengan apa yang kita terima. Setiap amalan yang dilakukan juga memberikan balasan yang sama.

Sebagaimana dengan kita yang berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. InsyaaAllah, Allah akan menghadiahkan pendamping yang terbaik bagi kita yang selalu mengandalkan Allah. Ini juga dijelaskan Allah dalam Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 26.

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

(Q.S. An-Nur: 26)

Menerapkan Amalan tentang Cara Mencari Jodoh

Selain memperbaiki diri, cara mencari jodoh berikutnya adalah dengan menerapkan amalan-amalan yang disunahkan dalam ajaran Islam. Beberapa amalan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Berzikir dan Beristigfar

Zikir berarti “mengingat”. Dalam hal ini, zikir diartikan sebagai mengingat Allah dengan menyebut nama-Nya. Salah satunya adalah dengan beristigfar dan memohon ampun kepada Allah.

Dengan selalu mengingat dan memohon ampun kepada-Nya, Allah akan memudahkan segala urusan dan menjaga diri dari keputusasaan. Tidak hanya itu saja, terdapat beragam manfaat istigfar dalam menjalani kehidupan. Ini selaras dengan apa yang disebutkan Allah dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar ayat 53.

“Katakanlah! Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

(Q.S. Az-Zumar: 53)

2. Mendirikan Sholat Malam

Amalan tentang cara mencari jodoh tanpa pacaran berikutnya adalah dengan mendirikan sholat malam. Allah akan memberikan nikmat kepada mereka sebagaimana yang dinyatakan Allah dalam Al-Qur’an Surat As-Sajadah ayat 16-17.

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkah-kan sebagian dari rizki yang Kami berikan ke-pada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” 

(Q.S. As-Sajadah: 16-17)

Sholat malam yang dianjurkan dalam hal mencari jodoh adalah Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Istikharah, dan Sholat Sunnah Taubat. Ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surat At-Tahrim ayat 8.

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kamu kepada Allah dengan ‘Taubat Nasuha’ (taubat yang sebenar), mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam Syurga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai, pada hari Allah tidak akan menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengannya; cahaya (iman dan amal soleh) mereka, bergerak cepat di hadapan mereka dan di sebelah kanan mereka (semasa mereka berjalan); mereka berkata (ketika orang-orang munafik meraba-raba dalam gelap-gelita): “Wahai Tuhan kami! Sempurnakanlah bagi kami cahaya kami, dan limpahkanlah keampunan kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu” 

(Q.S. At- Tahrim: 8)

3. Menginfakkan Sebagian Harta di Jalan Allah

Keturunan, kehidupan kita saat ini, hingga jodoh merupakan sebagian rezeki dari Allah. Ketika salah satu dari rezeki tersebut seperti jodoh belum kunjung tiba, bersedekah adalah amalan yang tepat untuk menjemputnya. Hal tersebut dijelaskan Rasulullah dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, ‘Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya’, sedangkan yang satunya lagi berkata, ‘Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).”

(H.R. Bukhari dan Muslim)

Lalu, bagaimana hukum bersedekah sebagai cara mencari jodoh? Ini diperbolehkan dengan niat hanya karena Allah dan menyeimbangkannya dengan amalan lainnya.

Cara Mencari Jodoh dengan Taaruf

Cara mencari jodoh tanpa pacaran berikutnya adalah dengan taaruf. Secara bahasa, taaruf diartikan sebagai mengenal di mana proses taaruf dilakukan untuk mengenal calon pasangan.

Cara ini dilakukan berdasarkan syariat Islam agar bernilai ibadah. Adapun tahapan taaruf dalam Islam adalah berniat karena Allah, menerima dan menolak dengan cara yang sopan, tidak berkhalwat, khitbah, dan menyegerakan pernikahan.

Nah, itulah beberapa cara mencari jodoh tanpa pacaran yang disyariatkan dalam Islam. Jodoh adalah rahasia Allah, namun sebagai manusia kita harus berusaha untuk mencarinya dengan cara yang benar menurut agama Islam.

Ngebet pengen nikah namun belum mendapatkan jodoh ideal? Saatnya jemput jodoh dengan cara yang islami melalui Program Taaruf Center bersama kelaspranikah.com. Temukan dan jemput jodoh ideal mu sekarang

Wallahua’alam.

3 thoughts on “3 Cara Mencari Jodoh yang Dianjurkan Islam”

  1. Pingback: 6 Cara Menjemput Jodoh yang Diridhoi Allah - Kelas Pranikah

  2. Pingback: Cara Daftar Nikah Online Terlengkap dan Terbaru - Kelas Pranikah

  3. Pingback: 6 Cara Menjemput Jodoh yang Diridhoi Allah - Kelas Pranikah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top