5 Tips Pernikahan Langgeng Sampai Tua

Tidak dapat dipungkiri bahwa cita-cita sebuah pernikahan adalah kehidupan yang bahagia. Namun kenyataannya, pernikahan tidak selalu diiringi dengan canda tawa dan hal-hal yang menyenangkan lainnya. Meskipun demikian, kewajiban setiap pasangan adalah mampu mempertahankan pernikahan yang penuh goncangan dengan saling mendukung satu sama lain. Mungkin, Anda juga akan membutuhkan tips pernikahan langgeng sampai tua berikut ini.

Tips Pernikahan Langgeng Sampai Tua

Terdapat beberapa tips pernikahan langgeng sampai tua, yaitu:

Pertama, Saling Mencintai Karena Allah

Apa artinya saling mencintai karena Allah? Itu berarti bahwa Anda menjadikan ketaatan dan cinta kepada Allah sebagai fokus dan dasar hubungan pernikahan. Cinta Anda kepada pasangan akan membawa pernikahan sebagai sarana untuk menambah ketaatan kepada-Nya.

Pasangan yang sudah mencintai Anda karena Allah akan selalu:

  • Bersikap tenang dan lebih memilih diskusi jika mulai melihat sesuatu yang tidak beres.
  • Menghentikan fitnah yang datang dari segala arah.
  • Membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan lembut dalam berbicara, menjadi seseorang yang lebih jujur kepada diri sendiri dan orang lain, murah hati, dan pemaaf.
  • Membantu Anda mengenali dan mengatasi kelemahan diri, berkomitmen dan konsisten untuk terus mendekatkan diri kepada Allah.
  • Memuliakan Allah di setiap saat, berupaya untuk terus beribadah tepat waktu, dan selalu bersyukur.

Kedua, Saling Berterima Kasih

Ketika Anda baru menikah, setiap hal yang dilakukan pasangan kepada Anda terasa begitu istimewa. Seiring berjalannya waktu, Anda pasti berpikiran bahwa hal itu sudah menjadi kewajibannya. Namun, jangan sesekali meremehkan kata “berterima kasih” karena itu pertanda orang yang pandai bersyukur.

“Barangsiapa tidak berterima kasih kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Allah.”

H.R. Abu Daud

Tanyakan pada diri dan renungkan!

Berapa kali keegoisan menghentikan kita untuk menghargai pasangan? Berapa kali kita menyangkal semua kebaikan yang telah dilakukannya karena konflik yang tidak terselesaikan?

Setiap konflik yang dibiarkan tidak terselesaikan dan setiap keluhan yang tidak berdasar adalah penolakan untuk menghargai salah satu hadiah terbaik dari Allah ini.

Hal tersebut adalah penolakan atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Di mana, nikmat tersebut adalah hal yang sangat dirindukan oleh banyak orang. Tidak heran kenapa orang yang tidak pernah berterima kasih kepada pasangannya akan merasakan kehidupannya yang jauh dari kata “keberkahan”, sering depresi, frustasi, penuh dendam, dan marah.

Ketiga, Fokus Terhadap Satu Sama Lain

Tips pernikahan langgeng sampai tua berikutnya adalah fokus terhadap satu sama lain. Setiap pernikahan terdiri dari dua orang yang berbeda. Itu sebabnya, apa yang berhasil untuk satu pasangan belum tentu berhasil dalam pernikahan Anda. Ini karena Anda dan pasangan adalah orang yang berbeda secara preferensi, keadaan, dan prioritas.

Dalam mengatasi perbedaan tersebut, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan pernikahan dengan menanyakan apakah hal yang tidak bisa Anda lakukan tanpa pasangan, apa yang diharapkan pasangan pada diri Anda, dan apa kebutuhan mendasar pasangan.

Selain itu, upayakan untuk selalu mendoakan kebaikan atas pasangan. Ini lebih dari sekadar tanda bahwa Anda selalu berfokus pada pasangan dengan ridho-Nya.

Keempat, Tumbuh Bersama

Pernikahan mulai mengalami goncangan ketika pasangan melupakan fakta mendasar bahwa pernikahan tidak akan membuat dua orang menjadi bagian dari salah satunya.

Allah telah menciptakan kita untuk berkontribusi dalam banyak cara selama itu berada di jalan kebaikan. Jadilah orang yang bisa memotivasi dan membantu pasangan untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Tingkatkan bakatnya ketika Anda tahu keterampilan mereka dapat digunakan dengan cara yang halal demi menghasilkan banyak kebaikan.

Ingatlah bahwa pasangan muslim yang bahagia adalah mitra dalam pertumbuhan dan produktivitas. Mereka menyadari bahwa pasangan mereka adalah hamba Allah saja dan pernikahan tidak mengubah hal itu.

Mereka mengakui peran, tanggung jawab, saling mengenali sifat dan bakat unik masing-masing, serta mengkatalisasi pertumbuhan dan nilai pasangan sebagai individu.

Kelima, Hebat dalam Mengendalikan Ego

Tips pernikahan langgeng sampai tua adalah pintar mengendalikan ego. Mulai dari keinginan untuk diperhatikan dari satu sisi, kemarahan, dan sikap buruk lainnya.

“… Sesungguhnya (manusia) itu cenderung kepada kejahatan, kecuali ketika Tuhanku melimpahkan rahmat-Nya (kepada siapa yang Dia kehendaki). Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Q.S. Yusuf: 53

Sifat ego membuat Anda bisa mengabaikan pasangan dan memicu permasalahan lainnya. Untuk itu, cukupkan hubungan dengan perhatian, membangun rasa nyaman, meluangkan waktu untuk pasangan, dan merayakan moment berdua.

Nah, itulah tips pernikahan langgeng sampai tua. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait seputar pernikahan, Anda bisa mengajukan lewat kolom komentar yaaah… Atau, Anda bisa langsung menghubungi call center kelaspranikah.com di +6285711831107.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top